Pada hari Rabu, 26 Juni 2024, bertempat di Hotel Grand Master Purwodadi, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini diadakan sebagai langkah pengawasan dan deteksi dini terkait permasalahan orang asing di Indonesia, khususnya di Kabupaten Grobogan.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Bapak Yandie Wahyudi, Kepala Subseksi Intelijen Kantor Imigrasi Semarang. Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Perawatan dan Kesehatan beserta Tim mewakili Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang turut hadir.

Bapak Machmudi, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Semarang, menyampaikan laporan kegiatan. Selanjutnya, Bapak Jumiyo, Analis Keimigrasian Ahli Madya pada Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, memberikan paparan dan memimpin sesi diskusi tanya jawab serta pertukaran data dan informasi mengenai orang asing di Kabupaten Grobogan.

Dari paparan tersebut, dilaporkan bahwa saat ini terdapat 130 orang warga negara asing (WNA) di Kabupaten Grobogan. Selain itu, terdapat 7 perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing (TKA) di wilayah tersebut. Kendala yang dihadapi dalam pengawasan orang asing meliputi luasnya wilayah kerja yang sulit dijangkau, keterbatasan sumber daya manusia (SDM), kurangnya pemahaman masyarakat terhadap hukum keimigrasian, serta disharmonisasi peraturan perundangan.

Rapat Koordinasi ini diikuti oleh 19 anggota Timpora dari berbagai instansi lintas sektoral dan 3 anggota dari jajaran Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Dalam rapat ini, setiap instansi anggota Timpora memberikan tanggapan dan rekomendasi guna meningkatkan pengawasan terhadap orang asing di Indonesia, khususnya di Kabupaten Grobogan.

Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan koordinasi antar instansi dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing, sehingga tercipta keamanan dan ketertiban di Kabupaten Grobogan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *