Pada hari Selasa, 21 Mei 2024, Tim Kajian Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM (BSK Kumham) melakukan kunjungan kerja ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang. Kunjungan ini bertujuan untuk mengumpulkan data lapangan dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di Kementerian Hukum dan HAM dengan fokus pada Indikator Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Tim Kajian BSK Kumham, disambut hangat oleh Plt Kepala Rudenim Semarang, Bapak Joko Surono, beserta jajarannya. Dalam pertemuan tersebut, Tim Kajian BSK Kumham menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, yaitu untuk melakukan wawancara mendalam dengan Tim Kerja Zona Integritas (ZI) menuju WBBM tahun 2023.

Wawancara ini dirancang untuk menggali proses dan pengalaman Tim Kerja ZI dalam mengusulkan predikat WBBM, memahami core business layanan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, serta mengevaluasi peran Kanwil dalam pembinaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Jawa Tengah dalam upaya pembangunan ZI menuju WBBM. Evaluasi ini sangat penting mengingat hasil evaluasi tahun 2023 menunjukkan bahwa tidak ada satuan kerja (satker) yang berhasil meraih predikat WBBM.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas peran strategis Kanwil Jawa Tengah dalam memberikan bimbingan dan pengawasan kepada UPT di wilayahnya, termasuk Rudenim Semarang, dalam melaksanakan reformasi birokrasi dan pembangunan ZI.

Kajian Evaluasi RB ini merupakan salah satu program prioritas BSK Kumham tahun ini atas permintaan dari Staf Ahli Pembangunan RB. Kajian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk memperbaiki dan memperkuat pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Hukum dan HAM, sehingga di tahun-tahun mendatang semakin banyak satker yang mampu meraih predikat WBBM. Di harapan agar hasil evaluasi ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas layanan publik dan tata kelola pemerintahan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *