Kementerian Hukum dan HAM memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M sebagai momentum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memperkuat komitmen dalam mengabdi kepada negeri, sejalan dengan visi besar menuju Indonesia Emas 2045. Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom diikuti oleh seluruh pegawai Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Semarang (19/9/24).
Kegiatan diawali dengan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM yang diwakili oleh Kepala Badan Sumber Daya Manusia (BSDM) Hukum dan HAM, Bapak Razilu. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peringatan Maulid Nabi sebagai sarana introspeksi diri bagi ASN, guna meningkatkan semangat pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berlandaskan nilai-nilai luhur yang diajarkan Rasulullah SAW.
“Kita berharap peringatan ini membawa keberkahan dalam kehidupan, serta menjadi momen untuk memperkuat komitmen sebagai abdi negara. Nilai-nilai toleransi, keadilan, dan persatuan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sangat relevan dengan tugas kita dalam menjaga integritas serta memberikan pelayanan publik yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Razilu.
Beliau juga menyoroti pentingnya kompetensi sosial-kultural bagi ASN di era saat ini, serta relevansinya dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Piagam Madinah yang menjadi teladan dalam menciptakan harmoni sosial.
Selain itu, beliau mengajak para ASN untuk terus mengembangkan empat dimensi kecerdasan fisik, intelektual, emosional, dan spiritual sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah. Menurut Razilu, kecerdasan fisik menjaga semangat dalam melayani masyarakat, kecerdasan intelektual membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, kecerdasan emosional membangun empati, sementara kecerdasan spiritual memperkuat integritas dan pengabdian yang tulus.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan tausiyah dari KH. Muhammad Syauqi MZ yang memberikan ceramah tentang keteladanan Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai pemimpin, suami, maupun ayah. Ia mengingatkan para ASN untuk meneladani Rasulullah dalam setiap aspek kehidupan, terutama dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik.
Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Kementerian Hukum dan HAM berharap seluruh ASN dapat memperkuat komitmen mereka dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa, menuju Indonesia yang lebih adil, makmur, dan sejahtera di tahun 2045.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *