Pada tanggal 23-24 Juli 2024, Hotel AYANA Midplaza Jakarta menjadi saksi bagi terlaksananya acara Sosialisasi dan Penguatan Kebijakan Izin Tinggal Keimigrasian Tahun Anggaran 2024. Acara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait dari berbagai instansi pemerintah ini bertujuan untuk menyampaikan beberapa ketentuan dan kebijakan terbaru terkait izin tinggal, tenaga kerja asing, serta kemudahan berusaha.
Acara dibuka dengan penuh semangat melalui penggalan lagu Indonesia Raya, disambut dengan hangat oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Bapak Silmy Karim. Dalam sambutannya, beliau menyoroti arahan Presiden terkait pelayanan cepat dan bersih, implementasi golden visa, serta pentingnya digitalisasi dan transformasi dalam menjawab tantangan ekonomi saat ini. Golden visa diharapkan dapat meningkatkan lapangan kerja dengan menarik talenta global untuk berkontribusi lebih dalam pembangunan nasional.
Paparan dari Ketua Tim Alih Status Izin Tinggal Keimigrasian, Bapak Tessar Bayu Setyaji, mengulas lebih dalam tentang kebijakan izin tinggal peralihan dan bridging visa. Diskusi panel yang melibatkan Kementerian Investasi membahas sosialisasi kebijakan perizinan berusaha berbasis risiko, sementara dari Kementerian Ketenagakerjaan, Subkoordinator Analisis Pengendalian TKA Bidang Jasa, Bapak Nur Ichwan Isnaini, menyoroti kebijakan pengendalian tenaga kerja asing di Indonesia.
Acara ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat implementasi kebijakan izin tinggal keimigrasian, dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam layanan kepada masyarakat serta memastikan pengaturan yang lebih baik terhadap keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *