Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, pukul 15.15 WIB, Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Bapak Moh. Hawary Dahlan, beserta Tim P2HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, mengadakan kunjungan ke Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Bapak Agus Triharto HS, serta jajaran pegawai lainnya.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pendampingan pemenuhan data dukung indikator P2HAM yang dilakukan pada tanggal 21 Juni 2024 di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, Bapak Moh. Hawary Dahlan menyampaikan hasil kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan dan meninjau langsung kondisi sarana dan prasarana yang disediakan untuk kelompok rentan, memastikan kesesuaiannya dengan pedoman pemenuhan data dukung P2HAM.

Selama kunjungan, Bapak Agus Triharto HS mengajak Tim P2HAM untuk melihat langsung sarana dan prasarana pelayanan yang ada di Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Tim P2HAM memberikan beberapa rekomendasi, termasuk perlunya pemenuhan guiding block yang masih kurang dan belum mengakses ke semua layanan, serta pengambilan dokumentasi yang diminta untuk lebih menjelaskan kondisi di lapangan agar tim verifikator lebih memahami kondisi asli tanpa perlu melakukan kunjungan langsung.

Seluruh rekomendasi dari Tim P2HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah diharapkan segera ditindaklanjuti, mengingat batas waktu pemenuhan data dukung maksimal hingga bulan Agustus. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa hasil rekomendasi pada pemenuhan data dukung P2HAM dapat ditindaklanjuti dengan baik dan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *