Pada hari Rabu, 26 Juni 2024, pukul 15.20 WIB, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Bapak Is Edy Ekoputranto, melakukan kunjungan ke Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Kunjungan ini bertujuan untuk memeriksa kondisi deteni serta meninjau sarana dan prasarana yang ada di Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Kunjungan ini disambut hangat oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Bapak Agus Triharto HS, beserta jajarannya.

Kunjungan diawali dengan pengarahan oleh Bapak Is Edy Ekoputranto yang diikuti oleh pejabat struktural Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Dalam pengarahan tersebut, Bapak Agus Triharto HS menyampaikan bahwa kondisi sarana dan prasarana di Rumah Detensi Imigrasi Semarang dalam keadaan baik dan sedang dilakukan pemeliharaan. Bapak Agus juga melaporkan bahwa saat ini Rumah Detensi Imigrasi Semarang menampung 10 deteni yang berasal dari berbagai negara, termasuk Taiwan, Nigeria, Yaman, Sudan, Rusia, serta satu anak deteni yang berstatus stateless. Selain itu, dua deteni dari Nigeria dan Rusia dijadwalkan untuk dideportasi minggu ini.

Selanjutnya, Bapak Is Edy Ekoputranto meninjau langsung kondisi deteni serta sarana dan prasarana di Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Beliau memberikan perhatian khusus kepada deteni asal Taiwan yang telah berada di Rumah Detensi Imigrasi Semarang selama delapan tahun, dengan harapan permasalahan yang dihadapi dapat segera diselesaikan. Selain itu, beliau juga menginstruksikan untuk mempercepat proses pemeliharaan sarana dan prasarana agar kualitas layanan semakin baik.
Kepala Divisi Keimigrasian menginstruksikan kepada Rumah Detensi Imigrasi Semarang untuk segera menindaklanjuti atensi yang telah diberikan, sehingga permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik dan optimal.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan terhadap deteni di Rumah Detensi Imigrasi Semarang, serta memastikan bahwa kondisi dan fasilitas yang ada selalu dalam keadaan baik dan siap digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *