Halo Sobat Rudi Marang,

18 September hingga 23 September 2023, Rudenim Semarang telah mengirimkan 2 (dua) perwakilan yang berperan sebagai peserta dan peserta pengganti dalam sebuah kegiatan Penguatan Fungsi Intelijen Keimigrasian di Bandung, yang berlangsung selama 6 hari. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas intelijen di Divisi dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian dalam mengumpulkan dan mengolah informasi yang nantinya akan disajikan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan dengan Apel pada hari Senin, 18 September 2023. Selama 5 hari berikutnya, peserta diberikan materi dan praktek oleh para instruktur yang ahli dalam bidangnya, yang berasal dari PusDik Polri. Materi yang diajarkan mencakup Teori Dasar Intelijen, Penelitian, Wawancara, Matbar (Pengamatan dan Penggambaran), Penjejakan, Teknologi Intelijen, TukBinJar (Petunjuk Pembinaan Jaringan), Administrasi, dan Produk Intelijen.

Seluruh materi tersebut disampaikan melalui sesi kelas yang diikuti oleh seluruh peserta tanpa terkecuali, sehingga memastikan pemahaman yang merata. Setelah selesai mendapatkan materi dari para instruktur, peserta melanjutkan dengan praktek lapangan dalam kegiatan intelijen. Mereka dibagi menjadi 15 unit yang dipimpin langsung oleh instruktur dari Gadik Polri. Setelah menyelesaikan praktek lapangan, peserta kemudian melanjutkan dengan kegiatan praktek administrasi dalam pembuatan produk intelijen, yang nantinya akan dipaparkan oleh masing-masing unit.

Puncak dari kegiatan Penguatan Intelijen Keimigrasian Gelombang 3 Direktorat Jenderal Imigrasi TA. 2023 adalah Apel penutupan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *